Senin, 06 Februari 2012

multi boot ISO pada flashdisk

Membuat Multi Boot ISO pada USB Flashdisk

Saat-saat tertentu mungkin anda memerlukan booting dari flashdisk dikarenakan Windows anda ngadat atau hang diserang Virus yang membuat komputer anda susah di operasikan. Terlebih lagi bila komputer anda tidak memiliki DVD room seperti Netboo. Jalan satu-satunya adalah dengan membuat USB booting melalui flasdisk yang sudah biasa saat ini, namun untuk membuat 1 FD bisa untuk booting banyak OS (ISO) memang masih jarang. Tetapi Ada beberapa cara untuk membuat multiboot flashdisk, diantaranya bisa menggunakan software MultiBootISOs.exe atau bisa juga menggunakan software unetbootin-windows-299.exe, Xboot dll.
1. DENGAN PROGRAM MULTIBOOTISOS
Kita bisa menggunakan program Boot Multiple ISO Files from USB untuk membuatnya. Dengan bermodal 1 buah FD berkapasitas 8-16 GB kita besa memasukan tidak hanya 1 OS saja, bahkan bisa puluhan OS. Dengan program ini, kita bisa membuat FD supaya bisa booting berbagai macam OS. Adapaun untuk membuatnya paling tidak yang dipersiapkan adalah:
  • FD dengan kapasitas minimal 8 GB untuk mendukung banyak iso (format dalam format FAT32)
  • PC yang suport booting dari USB
  • Windows XP/Visat/7 untuk membikin USB booting
  • Program yang digunakan untuk membuat MultiBooting USB, MultiBootISOs.exe
File-file iso yang akan kita masukan dalam pilihan OS multibooting USB kita
Prosedure pembuatannya pun tidak terlalu rumit, berikut ini tahapannya:
  1. Download file-file iso yang akan di bootable
  2. Jalalankan *MultiBootISOs-v2.1.3.9.exe
  3. Pilih OSnya dan browse ke tempat dimana kamu menyimpan file isonya. setelah itu klik create
  4. Setelah selesai maka akan ada konfirmasi untuk menambah OS lainnya apa tidak? klik yes apabila ingin membuat multi bootable OS Lanjutkan sampai selesai dan klik finish
  5. Restart PC dan setting BIOS supaya bisa booting dari USB
  6. Pada menu bootloader pilih daftar iso yang mau dijalankan dan selamat menikmati.
2. Dengan Dengan XBoot
XBoot merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam membuat Multiboot file ISO (menginstall file iso dalam satu media dan menjalankan via booting). Kita hanya perlu drag n drop file iso yang ingin kita jadikan multiboot, kemudian create USB atau create ISO.
Create USB : Fitur untuk yang ingin membuat multiboot menggunakan USB
Create ISO : Fitur untuk mengkombinasikan file iso yang ingin anda jadikan multiboot ke dalam satu file iso.
Known issues in XBoot vs 1.0 beta14 :
Inquister live cd will not work on Multiboot USB ( but will work on Multiboot ISO).
Darik’s boot and nuke (dban-2.2.6_i586.iso) will not work from Multiboot USB/ISO.Please download the patched version from Here.(Reason: Faulty bootloader( ISOLINUX 4.00 4.00-pre46) used in DBAN , If in future release bootloader is changed then problem will solve itself, till then use patched version of Dban

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Mengenai Saya

Foto saya
Saya sekarang masih bersekolah di "SMK PGRI 3 TANGGUL". Artikel di blog ini berisi tentang ilmu Komputer(khususnya tentang jaringan komputer). saya menginginkan dengan saya membuat blog ini bisa menambah ilmu seseorang tentang komputer(khususnya tentang jaringan komputer).yang sebelumnya mereka TIDAK BISA. Menjadi BISA. Dan Mungkin Blog yang saya buat ini masih ada kekurangan sehingga saya memerlukan saran dan komentar anda !! Agar saya bisa memperbaikinya, (TERIMA KASIH)