Selasa, 07 Februari 2012

Cara Uninstall Client Service for NetWare

Cara Uninstall Client Service for NetWare

Client Service for NetWare? Mungkin Anda kurang familiar dengan nama tersebut dan mungkin banyak juga yang sudah tahu. Namun sekarang Dunia Komputer tidak akan membahas apa Client Service for NetWare. Pada artikel komputer kali ini saya ingin membahas bagaimana cara melakukan Uninstall Client Service for NetWare. Cara Uninstall Client Service for NetWare ini merupakan pertanyaan dari teman facebook Dunia Komputer. Kenapa mesti di unsitall? Client Service for NetWare mengakibatkan hilangnya Welcome Screen dengan ditandai login screen berubah. Begitu juga dengan proses shutdown komputer berubah.
Jika Anda menghidupkan komputer dengan Windows XP, biasanya Anda menemukan welcome screen ketika akan masuk ke Windows.
Welcome Screen
Namun, ketika Client Service for NetWare terinstall pada komputer, jendela login screen berubah. Jendela login yang biasanya tidak meminta Anda memasukkan username dan password, kini malah meminta username dan password. Padahal Anda tidak pernah menggunakan password.
Logon Klasik
Begitu juga dengan proses shutdown atau restart berubah. Biasanya begitu Anda mengklik tombol Shutdown pada start menu, Windows akan memberikan sebuah pilihan Standby, Shutdown atau Restart. Anda tinggal mengklik salah satu icon pada jendela pilihan tersebut.
Shutdown
Namun, ketika Client Service for NetWare terinstall, proses tersebut berubah, Anda akan melihat sebuah jendela dan mesti memilih Shutdown pada sebuah dropdown box dan klik tombol OK. Setelah itu, Windows baru mulai melakukan Shutdown.
Jendela Shut Down berubah
Untuk merubah cara shutdown, restart atau log off Windows XP, biasanya Anda bisa melakukannya melalui User Account. Pada jendela User Account klik tulisan “Change the way user log on or off”. Namun, ketika Client Service for NetWare masih terinstall, akanmuncul sebuah pesan yang menyatakan Client Service for NetWare menonaktifkan Welcome Screen dan Fast User Switching.
error message
Pada jendela selanjutnya, dimana Anda biasanya bisa memberikan tanda cek pada pilihan, use the welcome screen untuk mengaktifkan Welcome Screen, namun jendela logon options tidak aktif.
Logon options tidak aktif
Berdasarkan kasus diatas, agar kita bisa mengembalikan welcome screen pada Windows XP, Anda mesti melakukan Uninstall Client Service for NetWare. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Contorl Panel »» Network and Internet Connections »» Network Connections.
  2. Pada jendela Network Connections, klik kanan icon Network adapater Anda. Biasa bertulisakan Local Area Connection. Kemudian pilih Properties.
  3. Local Area Connection
  4. Pada jendela Properties, pilih Client Service for NetWare dan klik tombol Uninstall. Jika muncul sebuah dialog klik Yes.
  5. Local Area Connectin Properties
  6. Setelah proses selesai, Anda akan diminta untuk me-restart komputer. Klik Yes untuk melakukan Restart.
  7. Setelah komputer Restart, masuk ke Control Panel »» User account.
  8. Pada jendela User Account, klik tulisan “Change the way user log on or off”.
  9. Change Log On and Off
  10. Di jendela selanjutnya, berikan tanda cek (rumput) pada “Use the Welcome screen” dan “Use fast user switching”. Biasanya pilihan kedua ini akan langsung tertandai jika Anda menandai “Use the Welcome screen” tadi.
  11. Logon Options
Semuanya selesai. Kini cobalah melakukan restart lagi untuk mengetahui apakah semuanya berhasil? Jika Welcome Screen telah kembali dan Anda tidak menemukan jendela login yang klasik lagi, berarti semuanya beres.
Namun, saya ingatkan sedikit! Pastikan fitur Client Service for NetWare tidak digunakan oleh aplikasi apapun. Jika Anda melakukan uninstall Client Service for NetWare, mungkin mengakibatkan aplikasi tersebut tidak berjalan.
Sekian tutorial cara melakukan uninstall Client Service for NetWare yangtujuannya mengembalikan Welcome Screen Windows dan mengaktifkan kembali User Fast Switching. Semoga bermanfaat!

 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Mengenai Saya

Foto saya
Saya sekarang masih bersekolah di "SMK PGRI 3 TANGGUL". Artikel di blog ini berisi tentang ilmu Komputer(khususnya tentang jaringan komputer). saya menginginkan dengan saya membuat blog ini bisa menambah ilmu seseorang tentang komputer(khususnya tentang jaringan komputer).yang sebelumnya mereka TIDAK BISA. Menjadi BISA. Dan Mungkin Blog yang saya buat ini masih ada kekurangan sehingga saya memerlukan saran dan komentar anda !! Agar saya bisa memperbaikinya, (TERIMA KASIH)